Search here and hit enter....

Cara Menghitung Body Mass Index (BMI)

advertise here

Dengan menjaga berat tubuh dengan sehat tentu akan menghindarkan Anda dari berbagai jenis penyakit. Kalimat ini sudah sangat familiar di telinga banyak orang. Disinilah BMI atau body mass index dibutuhkan dengan menggunakan kalkulator BMI.

Cara Menghitung  Body Mass Index (BMI)

Apa sih BMI itu ?

Indeks massa tubuh merupakan cara yang paling baik untuk bisa menilai apakah bobot tubuh Anda sehat atau sebaliknya. Indek massa tubuh merupakan metrik standar yang dipakai untuk mengetahui siapa yang tergolong dalam berat badan tidak sehat atau yang sehat. Lewat BMI ini tentu dapat membandingkan antara berat badan dengan tinggi badan, cara menghitungnya dengan membagi besaran bobot tubuh dengan besaran kilogram ke berat tubuh ke dalam meter kuadrat.

Agar mempermudah Anda dalam menghitung berapa BMI Anda, serta ingin mengetahui apakah bobot tubuh Anda termasuk ideal atau malah kelebihan atau kekurangan, Anda perlu menggunakan kalkulator BMI yang dapat memudahkan Anda untuk mengetahui hasilnya.


BMI Tidak Dapat Menjadi Tolak Ukuran Berat Tubuh Ideal

BMI merupakan metode perhitungan mudah yang bisa memberi informasi dasar terkait masalah berat tubuh Anda secara menyeluruh. Angka tersebut dapat berperan sebagai pertanda dan melindungi Anda dari berbagai penyakit mematikan yang berasal dari obesitas dan sejenis.

Selain itu BMI bukanlah sebuah metode untuk pengukuran akurat dan ideal, dan tidak dapat menjelaskan penyebab masalah berat tubuh seseorang.

Indeks massa tubuh juga tidak melakukan perhitungan jumlah serta distribusi lemak pada tubuh. Terpenting adalah dapat mengukur risiko penyakit yang bisa menyerang seseorang. Sebab, orang kurus juga sangat mungkin memiliki perut yang buncit dan diabetes.

Untuk beberapa kasus seperti tubuh tinggi besar, misalnya para binaragawan, tidak akan selalu dikatakan buruk. Sangat banyak orang yang memiliki berat tubuh diatas rata-rata tapi tetap dinyatakan normal dan sehat. Karena para binaragawan memiliki persentase lemak yang sangat rendah dan lebih dominan memiliki masa otot yang besar dan itu sangat baik bagi tubuh.

Angka pada BMI rendah bisa saja diakibatkan karena adanya penyakit tertentu dan faktor usia, BMI pun bisa gagal dalam memperhitungkan :

1.       Tingkat aktivitas fisik seseorang

2.       Usia seseorang

3.       Komposisi tubuh seperti berapa persen otot dan lemak pada tubuh

4.       Perbedaan jenis kelamin dimana wanita umumnya lebih banyak massa lemak dari pada seorang pria

5.       Ukuran pinggang atau lingkar pinggang yang di atas normal merupakan indikator lain dari penyakit obesitas serta berbagai penyakit lainnya

Misalnya seorang wanita, bahkan bila BMI Anda tergolong normal, tentu Anda tetap mempunyai kemungkinan menyimpan lemak pada tubuh yang tinggi

Indeks masa tubuh tidak bisa sepenuhnya dapat mewakilkan diagnosis pada kesehatan dengan menyeluruh serta terhadap resiko penyakit tertentu. Lakukan konsultasi kepada dokter terkait kekhawatiran dan risiko mengenai kesehatan Anda yang menyangkut berat tubuh.


Jika Telah Mengetahui Jumlah BMI, Apa yang Seharusnya Dilakukan ?

Jangan cuma melihat angka dari BMI serta timbangan berat tubuh Anda saja. Anda juga harus memperhatikan massa otot serta lingkar pinggang agar memberi rangkuman yang jauh lebih komprehensif terkait kesehatan tubuh Anda sebenarnya.

Tubuh seseorang berbeda-beda membuat BMI tidak cukup sempurna jika memperhitungkan secara universal. Namun BMI sangat berguna sebagai acuan apabila dipakai bersamaan dengan alat pendukung lainnya. Maka dari jika Anda ingin melakukan tes kesehatan sebaiknya menggunakan alat pendukung yang lengkap agar bisa mengetahui hasil secara akurat.

Deskripsi : Agar bisa mendeteksi suatu penyakit dari melihat dari BMI atau angka dari berat tubuh saja tentu tidak bisa dikatakan akurat sebab Anda memerlukan alat pendukung lainnya untuk memperoleh hasil yang lebih tepat.

Advertisement
BERIKAN KOMENTAR ()